Pengurus Viking Persib Club (VPC) Yana Umar berharap mendapat keamanan selama perjalanan ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dan saat pulang. Diharapkan juga jalan yang dilalui iring-iringan bobotoh dapat dikosongkan sementara untuk mempercepat laju kendaraan.

Kelancaran di jalan tol selama menuju SUGBK menjadi faktor yang utama. Hal itu sebagai antisipasi jika adanya ulah dari sekelompok orang tidak dikenal yang ingin merusak citra sepakbola Indonesia khususnya pada Piala Presiden.

“Harapannya pihak terkait dapat menutup sementara jalan tol menuju Jakarta. Mungkin menghentikan sementara kendaraan lain menuju Jakarta selain rombongan bobotoh,” kata Yana Umar,

Permintaan Yana bukan tanpa alasan. Musim lalu, puluhan bus rombongan bobotoh hancur diamuk massa tidak dikenal saat memasuki jalan tol. Rombongan PERSIB saat itu akan bertolak menuju Palembang untuk mendukung PERSIB pada laga final Indonesia Super League (ISL) 2014.

Sementara itu, Irjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan bobotoh menjadi prioritas dari Polda Jabar. Pihaknya sudah bekerja sama dengan kapolres-kapolres di daerah-daerah yang akan dilalui oleh kendaraan bobotoh. Tak lupa saat di venue pertandingan sebanyak 10.000 petugas keamanan akan berjaga di area SUGBK.

“Kita kawal dari titik start (Bandung) sampai ke lokasi yang dituju (Jakarta), demikian juga sekembalinya secara pulang perginya akan kita kawal sehingga keamanan dan kenyamanan para bobotoh betul-betul kita jamin hingga pulang sampai selamat,” ungkap Kapolda Jabar dihadapan para wartawan saat jumpa pers, Kamis (15/10/2015). (Fahmi Nurodin/MT)